Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Rob Walton, Sulung Keluarga Terkaya di AS yang Masuk Klub US$100 Miliar

Sulung keluarga terkaya di AS Rob Walton Masuk klub orang dengan harta US$100 miliar
Logo Walmart. REUTERS/Henry Romero
Logo Walmart. REUTERS/Henry Romero

Bisnis.com, JAKARTA — Selain nama Alice Walton yang jadi wanita terkaya di AS, kakak sulungnya juga masuk dalam klub US$100 miliar.

Dilansir Forbes, dengan harga saham Walmart yang mencapai titik tertinggi sepanjang masa, Rob Walton, putra tertua Sam Walton, pendiri perusahaan ritel raksasa tersebut, diperkirakan memiliki kekayaan senilai US$100 miliar, menjadikannya anggota keluarga terkaya pertama di Amerika yang memiliki kekayaan bernilai 12 digit.

Kekayaannya melonjak karena saham Walmart naik 54% sepanjang tahun ini, setelah para pembeli berbondong-bondong ke peritel yang menawarkan "Harga Terendah Setiap Hari" itu untuk menghindari inflasi yang tinggi. 

Hasilnya, Rob Walton, 79, sekarang menduduki peringkat ke-16 orang terkaya di dunia, tepat di atas saudaranya Jim Walton, 76, dan saudara perempuannya Alice Walton, 74, yang masing-masing memiliki kekayaan bersih US$98,8 miliar dan US$91,3 miliar setelah sempat menembus US$100 miliar juga.

Pada 5 September, Alice Walton merebut kembali gelar wanita terkaya di dunia untuk pertama kalinya sejak Mei 2022, menyalip pewaris L'Oreal Francoise Bettencourt Meyers, yang sempat menjadi centibillionaire wanita pertama pada bulan Juni dan sekarang memiliki kekayaan bersih US$87,4 miliar.

Rob Walton bergabung dengan 15 orang lainnya dalam klub US$100 miliar, termasuk orang terkaya di dunia Elon Musk, yang diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar US$265,5 miliar, taipan barang mewah Prancis Bernard Arnault dengan kekayaan US$175,5 miliar, dan salah seorang pendiri sekaligus CEO Nvidia Jensen Huang berharta US$106,7 miliar. 

Pada 2021, hanya empat orang yang memiliki kekayaan yang mencapai belasan digit dan setahun sebelumnya hanya ada satu orang yaitu, Jeff Bezos.

Rob Walton berusia ke-18 pada 1962, ketika ayahnya pertama kali membuka toko Walmart pertama di Rogers, Arkansas. 

Setelah lulus dari University of Arkansas pada 1966, Walton melanjutkan pendidikan hukum di Columbia University, sebelum bergabung dengan firma hukum yang berpusat di Tulsa yang membantu Walmart menjadi perusahaan publik pada tahun 1970.

Dia kemudian bergabung dengan perusahaan ritel milik keluarga tersebut pada 1978 dan diangkat menjadi wakil ketua empat tahun kemudian. Ketika ayahnya meninggal pada 1992, dia mengambil alih jabatan ketua.

Rob Walton pensiun dari dewan direksi Walmart pada Juni 2024 setelah lebih dari empat dekade menjabat sebagai direktur, termasuk lebih dari 20 tahun sebagai ketua. Peran itu kemudian beralih ke menantunya, Greg Penner, sejak 2015. 

Penner juga menggantikan Rob Walton sebagai pemilik pengendali Denver Broncos dari NFL pada Oktober tahun lalu, setelah sebuah grup yang dipimpin oleh Walton membeli tim tersebut dengan rekor harga US$4,7 miliar pada 2022.

Meskipun telah menjual lebih dari US$28 miliar saham Walmart, dan memberikan lebih dari US$11 miliar saham ritel tersebut selama dekade terakhir, ahli waris Sam Walton masih memiliki 45% saham raksasa yang berkantor pusat di Bentonville, Arkansas, karena pembelian kembali saham yang signifikan yang telah menjaga agar saham keluarga tersebut tidak terdilusi. 

Forbes memperkirakan bahwa tiga perempat saham klan tersebut dibagi hampir sama rata antara keluarga Rob, Jim, dan Alice Walton, dan sebagian besar sisanya adalah milik ahli waris saudara mereka John Walton, yang meninggal tahun 2005. 

Janda John, Christy Walton, dan putranya Lukas Walton, yang masing-masing memiliki kekayaan senilai US$17 miliar dan US$35,1 miliar. 

Sementara Alice Walton telah mendedikasikan hidupnya untuk mengelola seni dan bentuk-bentuk filantropi lainnya, Jim Walton digantikan oleh putranya Steuart Walton di dewan direksi Walmart pada 2016 tetapi masih mengepalai Arvest Bank Group yang memiliki aset senilai US$26 miliar. 

Dengan naiknya saham Walmart, baik Jim maupun Alice mungkin akan segera bergabung dengan saudara mereka, kembali ke klub senilai US$100 miliar juga.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper