Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kiat Agar Lebih Kreatif di Tempat Kerja

Mau kreatif di tempat kerja? begini tips-tipsnya agar bisa mencapai target
Kiat Agar Lebih Kreatif di Tempat Kerja/linkedin
Kiat Agar Lebih Kreatif di Tempat Kerja/linkedin

Bisnis.com, JAKARTA – Saat bekerja, kreativitas dan sikap inovatif tidak lagi menjadi pilihan bagi Anda.

Sudah menjadi keharusan bagi Anda untuk terus memberikan ide yang inspiratif bagi tempat bekerja Anda.

Hal ini berbeda dengan masa saat Anda masih menjadi anak-anak, di mana Anda diberikan kesempatan untuk bereksplorasi dan mengembangkan kreativitas sebebas mungkin.

Menjadi kreatif di tempat kerja merupakan hal yang relatif lebih rumit.

Dilansir dari Vantage Circle, berikut kiat agar lebih kreatif di tempat kerja:

1. Membangun pertemanan yang erat dan rasa saling percaya

Kebanyakan pertemanan di tempat kerja terjadi secara cepat. Lebih dari 50 persen pertemanan terbentuk dalam beberapa minggu, sementara 22 persen terbentuk setelah beberapa bulan.

Saat mengerjakan proyek bersama, penting untuk membangun hubungan yang baik dengan sesama karyawan, meskipun berasal dari departemen atau divisi yang berbeda dengan Anda.

Hal ini sangat berguna untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda di setiap diskusi. Menurut sebuah studi LinkedIn, pertemanan di tempat kerja membuat Anda lebih bahagia saat berada di kantor. Hal tersebut dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas Anda di tempat kerja.

Jika Anda dan rekan Anda saling memercayai satu sama lain, Anda dapat menjadi lebih terbuka pada rekan Anda, sehingga Anda dapat mengembangkan tujuan pribadi Anda.

2. Lakukan brainstorming

Brainstorming merupakan proses bertukar pikiran bersama terkait ide-ide yang ada. Hal ini dapat memicu Anda untuk menjadi lebih kreatif, fokus, dan lebih vokal dalam berpendapat.

Kreatif yang dimaksud di sini mengacu pada kemampuan Anda untuk dapat menemukan solusi dari setiap masalah yang Anda hadapi. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa takut untuk pendapat Anda tidak didengarkan.

3. Mengatur meja kerja Anda

Terdapat peran penting yang dimainkan oleh desain tempat kerja Anda. Apabila tampilan meja kerja dan kantor Anda monoton, mungkin Anda akan cenderung bosan dan cepat mengantuk.

Anda dapat melakukan perbedaan pada tempat Anda bekerja, setidaknya pada meja kerja Anda sendiri. Anda dapat menambahkan berbagai perlengkapan dengan warna yang Anda sukai, seperti vas tanaman buatan. Anda juga dapat mengatur pencahayaan yang tepat untuk meningkatkan proses berpikir kreatif Anda.

4. Mainkan game untuk mengalirkan ide kreatif

Anda perlu melakukan beberapa permainan kerja sama tim di kantor Anda jika memungkinkan. Permainan yang dimainkan bersama rekan kerja dapat meningkatkan hubungan interpersonal.

Permainan tersebut juga dapat mendorong keberagaman dan inklusi di tempat kerja. Jika Anda merupakan pembuat regulasi di kantor Anda, carilah permainan yang tidak memerlukan banyak sumber daya dan waktu.

5. Terlibat dalam aktivitas fisik

Pada tahun 2005, The Creativity Research Journal mengungkapkan bahwa latihan fisik sedang dapat menghasilkan peningkatan kreativitas kognitif yang signifikan. Hal ini juga dapat Anda terapkan di tempat kerja.

Akan sangat baik apabila kantor Anda menyediakan program kesehatan kantor, seperti berbagai fasilitas olahraga atau program olahraga bersama.

6. Membiasakan diri untuk memberikan apresiasi

Setiap ide kreatif perlu untuk diakui dan dihargai. Hal ini dapat membantu menyegarkan pikiran Anda dan menghasilkan versi terbaik dari diri Anda. Anda dapat memberikan apresiasi terhadap diri Anda sendiri dan rekan kerja Anda.

Jika Anda merupakan seorang atasan, Anda dapat menghormati karyawan Anda dengan memberikan izin, mengajaknya makan siang, atau mengapresiasi mereka dalam rapat karyawan.

7. Lakukanlah refleksi diri

Refleksi diri merupakan proses pemberdayaan kreativitas. Hal ini dapat membantu Anda untuk merefleksikan apa yang telah Anda capai dan apa yang masih harus diperbaiki kedepannya.

Dengan begitu, Anda dapat lebih mengenali permasalahan yang Anda hadapi. (Rafi Abid Wibisono)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper