Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sering Disangka Merek Asing, Ini Sosok Orang Terkaya di Balik Le Minerale

Sosok orang terkaya dengan kekayaan Rp71 triliun di balik Le Minerale yang sering disangka merek luar negeri
Le Minerale/le minerale
Le Minerale/le minerale

Bisnis.com, JAKARTA — Merek air mineral semakin banyak ragamnya di Indonesia. 

Salah satunya adalah Le Minerale yang sempat disangka merek luar negeri juga ternyata adalah 100% milik lokal.

Ya, Le Minerale merupakan merek air mineral dalam kemasan (AMDK) asli 100% asal Indonesia yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya, yang merupakan anak perusahaan dari PT Mayora Indah Tbk. 

PT Mayora Indah Tbk. (MYOR) sendiri ternyata milik salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai Rp71,27 triliun. 

Lantas siapa orang terkaya itu? 

Adalah Jogi Hendra Atmadja, seorang dokter yang membanting setir ke dunia bisnis dan menjadi pendiri dari PT Mayora Indah.

Dia merupakan pria keturunan Tionghoa yang lahir di Jakarta pada 1946. Setelah lulus SMA, Jogi melanjutkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran, Universitas Trisakti. 

Dengan gelar kedokteran, Jogi justru memulai kariernya dengan mengembangkan bisnis selepas lulus S1. Dia turut mengembangkan usaha biskuit keluarganya yang sudah dirintis sejak 1948. 

Pada 1977, dia kemudian mendirikan PT Mayora Indah Tbk atau Mayora Group bersama sahabatnya, Raden Soedigdo dan Darmawan Kurnia. 

Beberapa produk andalan Mayora di awal berdirinya adalah biskuit Roma yang sudah menjadi andalan bisnis keluarganya. Selain itu, ada permen Kopiko yang dirilis pada 1980-an. 

Seiring dengan kesuksesan perkembangan bisnisnya, Jogi turut mengantarkan PT Mayora Indah menjadi perusahaan terbuka dan resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada 1990 dengan kode saham MYOR. 

Kini, beberapa produk Mayora Group makin banyak yang tenar termasuk kopi Torabika dan produk minuman lainnya seperti Energen, Teh Pucuk Harum, dan termasuk Le Minerale. 

Berdasarkan data Forbes, dia sempat menjadi orang terkaya di Indonesia pada 2023 dengan kekayaan hingga mencapai US$4,4 miliar atau setara dengan Rp71,27 triliun. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper