Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kiat-kiat untuk Menjadi Influencer

Bagi Anda yang ingin menjadi influencer, berikut hal-hal yang harus Anda lakukan
Ilustrasi influencer/jibi
Ilustrasi influencer/jibi

Bisnis.com, JAKARTA – Menjadi influencer merupakan impian dari banyak orang. Tak hanya ketenaran saja, menjadi influencer juga dapat membuat Anda menghasilkan pundi-pundi uang.

Bayangkan saja, Anda dapat mengerjakan hal yang Anda sukai dan menghasilkan uang karenanya.

Untungnya, kini segala keperluan untuk menjadi influencer semakin terbantu dengan adanya media sosial. Namun, Anda tidak dapat sepenuhnya mengandalkan media sosial saja.

Anda pun harus aktif dan kreatif dalam mengelola karya Anda.

Dilansir dari Save the Student, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menjadi seorang influencer yang sukses:

1. Tentukan target pasar Anda

Jika ingin menjadi influencer yang sukses, Anda harus menentukan target pasar dari konten Anda terlebih dahulu. Biasanya, seseorang akan mengikuti Anda karena alasan tertentu.

Misalnya, Anda merupakan influencer resep makanan, maka yang akan mengikuti Anda kemungkinan besar adalah orang-orang yang suka memasak.

Jika suatu hari Anda mulai memposting tentang tips kecantikan, para pengikut Anda akan merasa kebingungan. Memilih target pasar sangatlah mudah, ​​cukup pikirkan tentang minat Anda dan mulailah dari sana. Fokus pada hal tertentu juga dapat membangun personal branding Anda.

2. Tentukan platform Anda

Mungkin Anda berpikir untuk mengunggah konten Anda di sebanyak mungkin platform, tetapi itu bukanlah kuncinya. Jika Anda harus mengunggah konten Anda di berbagai platform–sedangkan Anda juga memiliki kesibukan lain seperti kuliah atau bekerja–Anda akan kewalahan.

Pilihlah platform yang ingin Anda fokuskan, mungkin bisa dimulai dari platform yang Anda sukai. Jangan tergoda oleh aplikasi baru yang menarik jika Anda tahu tidak akan memiliki waktu mengelolanya.

3. Membuat jadwal dan strategi konten

Salah satu hal terpenting dalam menjadi influencer adalah strategi. Selain memilih target pasar dan menentukan platform, Anda perlu membuat jadwal konten. Anda tidak bisa mengunggah konten Anda sesekali, Anda harus konsisten. Kebanyakan influencer mengunggah konten mereka setidaknya tiga kali seminggu.

Dengan mengunggah konten pada waktu yang sama di hari yang sama dalam seminggu, para pengikut Anda akan mengetahui kapan mereka harus mengecek sosial media Anda untuk menyaksikan konten baru. Buka kalender Anda dan lihat kapan Anda punya waktu luang.

4. Bangunlah personal branding

Membangun personal branding akan sangat membantu konten Anda untuk diingat dan dikenal oleh para penonton. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan font, warna, atau gaya penyuntingan yang sama.

Dengan melakukan sesuatu yang unik, Anda akan lebih menonjol di media sosial.

5. Tingkatkan keterampilan fotografi dan videografi

Semakin sering Anda berlatih mengambil foto dan video sebagai influencer, kemahiran Anda akan semakin bertambah. Terdapat banyak cara untuk lebih meningkatkan keahlian Anda.

Caranya pun cukup mudah, bisa dilakukan dengan menonton video gratis di YouTube atau mendaftar di beberapa kelas kursus. Dari sana, Anda juga dapat membangun jejaring sosial yang kuat.

6. Berinteraksi dengan pengikut Anda

Pastikan Anda mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang sudah mendukung pekerjaan Anda. Para pengikut dan penonton Anda sudah bersedia meluangkan waktu untuk mendukung Anda, sehingga Anda pun harus membangun interaksi dengan mereka. Hal ini dapat membangun hubungan yang kuat dengan para pengikut.

Jika mereka tahu Anda menghargai waktu mereka, mereka cenderung untuk terus mendukung Anda. Memiliki audiens yang terlibat juga sangat penting untuk mengamankan kesepakatan merek yang berkelanjutan.

7. Membuat media kit

Pada dasarnya, media kit merupakan portofolio agar suatu merek tahu alasan mengapa harus bekerja sama dengan Anda. Merek akan melihat daya tarik Anda dari media kit, seperti apakah Anda memiliki keterampilan fotografi yang baik atau banyak pengikut di media sosial tertentu.

Biasanya, merek ingin tahu sedikit tentang Anda, seperti statistik akun media sosial, lokasi pengikut Anda, layanan yang Anda tawarkan, dan lain-lain. (Rafi Abid Wibisono)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper