Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Wanita Terkaya Dunia, Total Kekayaannya Nyaris Rp8.000 Triliun

Daftar 10 wanita terkaya di dunia. Kekayaan kumulatifnya mencapai US$500 miliar atau hampir Rp8.000 triliun.
Alice Walton, pemilik Walmart sekaligus salah satu wanita terkaya di dunia. Dok Crystal Bridges Museum of American Art
Alice Walton, pemilik Walmart sekaligus salah satu wanita terkaya di dunia. Dok Crystal Bridges Museum of American Art

Bisnis.com, JAKARTA — Bloomberg baru-baru ini mengeluarkan daftar wanita terkaya di dunia. Pada 10 orang teratas dalam daftar, jika ditotal kekayaannya begitu fantastis, nyaris menembus US$500 miliar atau hampir Rp8.000 triliun.

Dari pemegang saham terbesar L'Oréal, pewaris Walmart, dan CEO Fidelity termasuk di antara 10 wanita terkaya di dunia, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Mereka masing-masing memiliki kekayaan lebih dari US$25 miliar, bahkan nomor 1 menggenggam US$100 miliar atau hampir Rp1.600 triliun.

Namun, sebagian besar dari para wanita terkaya ini mendulang kekayaannya darinhasil warisan, baik warisan keluarga atau menjadi istri orang terkaya.

Daftar 10 wanita terkaya di dunia 2024 dilansir dari Melansir Bloomberg:

1. Françoise Bettencourt Meyers — US$100 miliar

Françoise Bettencourt Meyers, dengan kekayaan bersih US$100 miliar, adalah wanita dengan posisi tertinggi di Bloomberg Billionaires Index, dan di posisi ke-15 terkaya di dunia.

Kakeknya, Eugène Schueller, mendirikan raksasa kosmetik Perancis L'Oréal dan dia mewarisi sepertiga saham dari ibunya.

Bettencourt Meyers (70) dikenal karena aktivitas intelektualnya, bahkan menulis buku tentang mitologi Yunani dan komentar Alkitab, serta kegiatan filantropinya. 

Yayasan Bettencourt Schueller mendukung penelitian ilmiah, seni, dan proyek kemanusiaan.

2. Alice Walton — US$83 miliar

Alice Walton (74) mewarisi kekayaannya dari ayahnya, yang mendirikan Walmart.

Berbeda dengan saudara laki-lakinya Jim dan Rob, yang lebih terlibat langsung dalam operasional Walmart, Alice berfokus pada seni dan kegiatan amal, termasuk mempromosikan pendidikan dan konservasi.

3. Julia Flesher Koch — US$73 miliar

Suami Julia Flesher Koch, David, adalah salah satu pendiri Koch Industries, dan dia menjadi miliarder ketika suaminya meninggal pada 2019.

Wanita berusia 62 tahun itu berkontribusi pada berbagai bidang termasuk pendidikan, penelitian medis, dan seni, serta menjabat sebagai dewan di beberapa badan amal.

4. Jacqueline Badger Mars — US$47 miliar

Kakek Jacqueline Badger Mars mendirikan konglomerat permen, perawatan hewan peliharaan, dan makanan yang menyandang nama keluarga tersebut. Karena pemalu dan menghindari pusat perhatian, keluarga Mars tetap misterius.

Wanita berusia 84 tahun itu pernah menjadi dewan direksi Mars, dan juga duduk di dewan Arsip Nasional dan Museum Dirgantara dan Luar Angkasa Smithsonian.

Mars dan mantan suaminya David Badger memiliki tiga anak. Putra mereka Stephen telah berada di dewan Mars sejak 2010.

5. MacKenzie Scott — US$38 miliar

MacKenzie Scott adalah mantan istri pendiri Amazon Jeff Bezos. Ketika pasangan itu bercerai pada 2019, dia menerima warisan senilai US$38 miliar.

Scott telah menyumbangkan miliaran dolar untuk berbagai tujuan, termasuk kesetaraan ras, hak-hak LGBTQ+, kesehatan masyarakat, dan pendidikan, serta berbagai kegiatan filantropi lainnya. Selain itu, dia juga menulis dua novel.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper