Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Intip Produk UMKM Paling Laris di Indonesia Timur, Bisa Jadi Ide Jualan!

Beberapa produk seperti baju atasan, sepatu, sampai perlengkapan taman jadi produk paling laris di Indonesia Timur, bisa jadi ide jualan.
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id
Ilustrasi UMKM/surakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Tren belanja online dari berbagai penjuru Indonesia semakin beragam. Kini, para pelanggan dari Indonesia Timur sudah mulai ramai dan bisa dijadikan bidikan pasar yang baru bagi UMKM pengguna e-commerce.  

Berdasarkan data Tokopedia dan ShopTokopedia, terdapat kenaikan transaksi di Indonesia Timur pada semester I/2024 dibandingkan semester II/2023. 

Adapun, sejumlah wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Maluku melalui Tokopedia, antara lain dari Kepulauan Aru, Maluku Tenggara, dan Tual. 

Tokopedia juga mencatat peningkatan animo masyarakat di Papua pada semester I/2024 dibandingkan semester II/2023. Sejumlah wilayah yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Papua melalui Tokopedia, antara lain Deiyai, Mamberamo Tengah, dan Waropen, dengan rata-rata lebih dari 1,5 kali lipat. 

Animo masyarakat untuk belanja online melalui Tokopedia di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) juga tercatat mengalami peningkatan dengan wilayah yang mencatat kenaikan tertinggi dari sisi jumlah transaksi di NTB melalui Tokopedia, antara lain Sumbawa Barat, Lombok Utara, dan Bima. 

Sedangkan sejumlah wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di NTT melalui Tokopedia adalah Rote Ndao, Kupang, dan Sumba Tengah. 

Di sisi lain, di ShopTokopedia pada kuartal II/2024 dibandingkan kuartal I/2024, secara keseluruhan juga mencatat adanya kenaikan jumlah transaksi di Bali, Kalimantan Selatan, dan NTB. 

Produk Terlaris di Indonesia Tengah

Adapun, Tokopedia mencatat pada semester I/2024, sejumlah kategori produk yang paling laris dibeli masyarakat di Papua dan Maluku adalah sepatu, atasan, dan Pproduk perawatan wajah. 

Sedangkan di NTB, beberapa kategori produk yang paling laris, antara lain minuman, perawatan wajah, dan atasan. Di sisi lain, di NTT, sejumlah kategori produk yang paling laris adalah perlengkapan taman, atasan, dan sepatu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper