Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Jumlah Wirausaha, Menteri Teten Libatkan 500 Startup

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan program entrepreneur hub untuk meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki - BISNIS/Ni Luh Anggela.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki - BISNIS/Ni Luh Anggela.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan program entrepreneur hub dengan melibatkan 500 startup untuk meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan progam tersebut merupakan pengembangan pelaku UMKM yang bekerja sama dengan berbagai kampus dalam negeri.

"Kampus diajak bekerja sama sebagai upaya untuk menjadikan civitas akademika ini sebagai pabrik wirausaha guna mewujudkan Indonesia Emas 2045," kata Teten dalam keterangannya, Sabtu (11/10/2024).

Dia menuturkan praktik kewirausahaan di negara lain dibentuk dari lingkungan perguruan tinggi yang berbasis riset dan inovasi. Hal tersebut menjadikan kampus memiliki peran penting untuk membimbing mahasiswa yang mempunyai usaha melalui lembaga inkubasi.

Teten berharap ketika mahasiswa tersebut lulus, mereka sudah siap menjadi wirausahawan yang andal dengan bisnis yang sudah berkembang.

Dia menambahkan program entrepreneur hub merupakan pengembangan ekosistem bagi pelaku UMKM yang melibatkan 500 perusahaan rintisan atau startup. Selain itu, program tersebut mempertemukan dengan investor asing dari Korea Selatan, Jepang, Belanda, hingga Australia.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Pendidikan & Pengajaran Universitas Gadjah Mada Wening Udasmoro telah mempunyai Galangan Inovasi dan Kreativitas (GIK) yang menjadi pusat pengembangan inovasi dan kewirausahaan.

“Selain itu, UGM juga menyediakan bisnis inkubator yang merupakan program untuk mahasiswa yang punya bisnis. Saat ini sudah 50 startup yang terdaftar di bawah program inkubasi UGM dan beberapa sudah berhasil mendapatkan pendanaan,” katanya.

Head of Public Policy and Government Relations Tokopedia, Hilmi Adrianto, menjelaskan bahwa platform digital seperti Tokopedia memiliki peran penting untuk membantu UMKM dalam membangun usahanya, termasuk untuk mengakses pasar nasional.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler