Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 10 Perusahaan Terkaya di Dunia 2024, dari Microsoft hingga Eli Lily

10 perusahaan terkaya di dunia, mulai dari Micoisoft, Apple, hingga Eli Lily.
Gedung Microsoft campus yang berlokasi di Redmond, Amerika Serikat, menjadi nomor 1 dari Daftar 10 Perusahaan Terkaya di Dunia 2024, dari Microsoft hingga Eli Lily / dok. Microsoft
Gedung Microsoft campus yang berlokasi di Redmond, Amerika Serikat, menjadi nomor 1 dari Daftar 10 Perusahaan Terkaya di Dunia 2024, dari Microsoft hingga Eli Lily / dok. Microsoft

Bisnis.com, JAKARTA - Apple tak lagi menempati urutan pertama perusahaan terkaya alias memiliki aset terbesar di dunia.

Posisinya kini tergeser oleh Microsoft, meski kemarin sempat error dan membuat geger seluruh dunia. 

Perusahaan multinasional menjadi mesin utama inovasi dan penentu tren global di berbagai industri dalam lanskap global yang saling terhubung saat ini. 

Perusahaan-perusahaan raksasa ini sedang berlomba-lomba untuk menjadi perusahaan dengan nilai tertinggi di dunia, bersaing dalam segala hal mulai dari teknologi mutakhir hingga industri penting seperti perawatan kesehatan dan energi.

Sebagai indikator utama bagi investor dan pecinta pasar modal, kapitalisasi pasar dijadikan sebagai tolok ukur untuk menentukan nilai perusahaan-perusahaan besar ini. 

Perusahaan yang paling bernilai di sektor bisnis umumnya dianggap perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar.  

Meskipun sebagian besar perusahaan elit ini berkantor pusat di AS, daftar Forbes tahun ini menunjukkan perusahaan-perusahaan terkemuka dari Arab Saudi dan Taiwan juga masuk dalam jajaran perusahaan terkaya.

Berikut ini perusahaan paling berharga di dunia versi Forbes 2024:

1. Microsoft US$3.342 Triliun

Microsoft Corporation menyediakan berbagai macam barang dan jasa, yang paling terkenal adalah program Office dan sistem operasi Windows. Dampak Microsoft lebih dari sekedar perangkat lunak, terobosannya dalam komputasi awan dan berbagai ciptaan perangkat telah meneguhkan posisinya sebagai salah satu bisnis terbesar dari segi pendapatan.

2. Apple US$3.181 Triliun

Dengan kapitalisasi pasar lebih dari US$3,03 triliun, Apple adalah perusahaan paling bernilai di dunia. Apple telah memperkuat posisinya terutama setelah memperkenalkan augmented reality (AR) dan meningkatnya keterlibatannya dalam teknologi kesehatan. 

Apple dikenal karena desainnya yang kreatif, produk-produk premium seperti iPhone dan Mac, serta kemampuannya untuk didukung oleh jaringan layanan yang berkembang.

3. Nvidia US$3.181 Triliun

Nvidia telah mendapatkan popularitas yang luas baru-baru ini karena keuntungannya melebihi sebagian besar industri saingannya. Perusahaan ini selalu menjadi pemimpin dalam pembuatan GPU yang berdiri sendiri, GPU atau unit pemrosesan grafisnya merupakan bagian integral dari platform AI generatif seperti ChatGPT OpenAI dan Bard Google.

4. Alphabet (Google) US$2.222 Triliun

Perusahaan induk Google, Alphabet Inc., memiliki portofolio beragam yang mencakup mesin pencari, teknologi periklanan online, komputasi awan, perangkat lunak, dan perangkat keras. Kehadiran Google di dunia digital berkontribusi pada posisi Alphabet di antara perusahaan-perusahaan teratas berdasarkan kapitalisasi pasar.

5. Amazon US$1.967 Triliun

Amazon.com Inc. adalah perusahaan e-commerce terbesar di dunia. Perusahaan telah melakukan diversifikasi ke komputasi awan, streaming digital, dan kecerdasan buatan.  Penawaran produk Amazon yang luas dan dominasinya dalam ritel online menjadikannya pemain kunci di antara perusahaan-perusahaan terkemuka berdasarkan kapitalisasi pasar.

6. Saudi Aramco US$1.801 Triliun

Saudi Aramco beroperasi di sektor minyak dan gas. Dengan kapitalisasi pasar terbesar ketiga di dunia saat ini, ini adalah tulang punggung perekonomian Arab Saudi. Cadangan minyak Saudi Aramco yang besar dan lokasinya yang strategis di Timur Tengah berkontribusi pada posisinya di antara para pemimpin pasar global.

7. Platform Meta (Facebook) US$1.255 Triliun

Facebook Inc., berganti nama menjadi Meta Platforms, adalah raksasa media sosial. Perusahaan ini menaungi banyak platform, termasuk Instagram, WhatsApp, dan Oculus Metaverse. 

Selain itu, Meta juga tengah mendorong konsep metaverse ke dalam arus utamanya, dengan mempromosikan tempat 3D virtual yang menawarkan pengalaman nyata melalui Oculus Meta. Divisi itu menghadirkan pengalaman virtual yang mulus di mana pengguna dapat berpartisipasi dalam aktivitas dunia nyata.  

8. TSMC US$902,22 Miliar

Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Taiwan (TSMC) adalah pemimpin dalam industri semikonduktor. TSMC adalah pabrik pengecoran semikonduktor independen terbesar di dunia. 

Kemampuan manufaktur TSMC yang canggih dan perannya dalam memasok komponen-komponen utama untuk berbagai perangkat elektronik menjadikannya pemain kunci di antara perusahaan-perusahaan terkemuka berdasarkan kapitalisasi pasar.

9. Berkshire Hathaway US$883,13 Miliar

Berkshire Hathaway Inc. adalah perusahaan investasi yang terdiversifikasi. Perusahaan ini memiliki banyak bisnis dan dipimpin oleh Warren Buffett, salah satu investor paling sukses di dunia. Portofolio Berkshire Hathaway yang beragam dan kepemimpinan yang kuat berkontribusi pada kapitalisasi pasar yang tinggi.

10. Eli Lily US$840,04 Miliar

Eli Lilly and Company adalah perusahaan farmasi Amerika yang didirikan pada 1876 oleh Kolonel Eli Lilly. Berkantor pusat di Indianapolis, Indiana, dan memiliki kantor di 18 negara. Produknya kini sudah dijual di sekitar 125 negara.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper