Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Marketing UMKM EatSambel, Cuan Ratusan Juta Cuma Pakai TikTok

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) saat ini bisa semakin mudah memasarkan produknya lewat platform media sosial sekaligus e-commerce, TikTok.
Logo aplikasi media sosial TikTok yang dikelola oleh ByteDance./Bloomberg-Brent Lewin
Logo aplikasi media sosial TikTok yang dikelola oleh ByteDance./Bloomberg-Brent Lewin

Bisnis.com, JAKARTA - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) saat ini bisa semakin mudah memasarkan produknya lewat platform media sosial sekaligus e-commerce, TikTok.

Jika mengetahui cara dan bisa memanfaatkan fitur-fiturnya, tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan UMKM yang sukses.

Seperti EatSambel, produk sambal khas Indonesia yang dibuat oleh pengusaha rumahan, Yansen Gunawan. Merek sambal ini bisa memanfaatkan fitur-fitur serta membuat konten yang menarik sehingga bisa mendatangkan banyak pembeli.

Kesuksesan EatSambel dalam memasarkan produknya juga membuat merek sambal ini bisa mendapatkan penghargaan "Best Local Hero Campaign" dalam TikTok Ad Awards 2024.

Tips Membuat Konten Iklan EatSambel

Garry Koesoema, Head of Marketing Eatsambel, mengatakan dalam membuat konten iklan, CEO EatSambel Yansen Gunawan percaya kontennya harus dikemas dengan menghibur agar orang tidak merasa sedang menonton jualan. 

"Ketika kita sudah berhasil menghibur, pada akhirnya mereka akan mau mencoba juga," jelasnya dalam Media Briefing di Jakarta, Rabu (28/5/2024).

Selanjutnya, di samping membuat konten dengan konsep yang menghibur dan menarik, jangan lupakan kualitas produk yang harus baik.

"Kenapa sambal kita harus enak dan wangi? Karena kami percaya selain menghibur, nantinya para pelanggan juga akan menyisihkan uangnya untuk mencoba produk kami, jadi kami harus menyajikan produk yang enak, wangi, sehingga orang nggak kecewa ketika makan produk kami," paparnya.

Selanjutnya, ketika membuat iklan, EatSambel juga aktif menggunakan berbagai fitur iklan dalam TikTok Ads untuk meningkatkan kesadaran dan juga penjualan. 

"Dengan memanfaatkann fitur-fitur yang ada, kami tahu keinginan pelanggan, membantu penjualan kami naik signifikan dan berpengaruh pada engagemrent, views konten dan live kami," jelasnya.

UMKM Tak Kalah dengan Merek Besar

Garry menyebutkan, banyak orang yang berpikir bahwa brand kecil akan kalah dengan brand besar. Namun, ada satu hal yang jadi kuncian sukses EatSambel.

"Padahal kuncinya kreativitas. EatSambel berawal dari bisnis rumahan, tapi kita berhasil menjaring market karena kreativitas. Didukung TikTok kita bisa bikin konten yang kreatif. Sehingga tidak hanya awareness, tapi juga sales meningkat dan terus menggunung dan kita bisa menghibur sekaligus menyediakan produk terbaik, dan profit untuk bikin konten yang lebih baik," imbuhnya.

Saat ini EatSambel sudah memiliki 3,4 juta pengikut di TikTok dan 88,8 juta penyuka di konten-kontennya.

Merek ini juga telah berkolaborasi dengan berbagai influencer dan artis seperti Tanboy Kun, Fadil Jaidi, dan lain-lain.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper