Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Memilih Virtual Assistant untuk Dukung Bisnis Anda

Untuk mendukung bisnis Anda, bisa mempekerjakan virtual assistant, begini cara mencarinya
Tips Memilih Virtual Assistant untuk Dukung Bisnis Anda
Tips Memilih Virtual Assistant untuk Dukung Bisnis Anda

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan teknologi membuat berbagai pekerjaan dapat dilakukan secara jarak jauh, menghadirkan profesi-profesi baru yang sebelumnya belum ada.

Salah satu profesi tersebut, virtual assistant, kini banyak dicari oleh perusahaan dan eksekutif bisnis.

Singkatnya, virtual assistant adalah seseorang yang memberikan layanan administratif dan dukungan bisnis kepada individu atau perusahaan dari jarak jauh. Perusahaan-perusahaan semakin tertarik dengan peran virtual assistant karena dinilai lebih efektif dan efisien.

Tania Gromenko, CEO SGB VA, salah satu perusahaan di bidang virtual assistant mengatakan salah satu keunggulan dari virtual assistant tidak memerlukan ruang kantor khusus seperti asisten tradisional.

Sehingga, perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang untuk memperluas ruang kantor. Virtual assistant dapat melakukan tugas-tugas tertentu yang diminta oleh perusahaan atau klien individu untuk mendukung operasi bisnis mereka.

Dia menambahkan perubahan pola kerja yang memungkinkan kerja remote telah memperluas peran yang dapat diberikan kepada virtual assistant.

“Saat ini, virtual assistant dapat menjalankan berbagai peran, mulai dari menjadi asisten pribadi, melakukan entry data, mengelola media sosial, melayani pelanggan, mengelola email, melakukan penjadwalan dan masih banyak lagi.” ujarnya.

Tania juga menambahkan, menjalankan profesi virtual assistant kian menarik bagi mereka yang membutuhkan keleluasaan dalam mengelola waktu.

“Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak orang yang membutuhkan fleksibilitas waktu dalam melakukan pekerjaan mereka. Tidak jarang kita bisa menemukan virtual assistant dengan klien yang berasal dari negara berbeda. Melihat supply dan demand yang tersedia saat ini, SGB VA hadir untuk bisa menyediakan virtual assistant berkualitas.”

Berikut tips memilih virtual assistant yang sesuai

1. Ketahui Kebutuhan Anda

Sebelum Anda mulai menyewa layanan asisten virtual, Anda harus memahami apa yang Anda cari. Asisten yang berbeda memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda dan tidak semuanya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pastikan anggaran Anda dan seperti apa hubungan Anda dengan VA yang Anda inginkan.

Mengetahui apa yang Anda cari akan membantu Anda membuat daftar pekerjaan yang solid, memeriksa pilihan Anda, dan membuat pilihan yang membuat Anda puas.

2. Carilah Keahlian yang Tepat

Setelah Anda mulai mencari VA, pelajari semua yang Anda bisa tentang kandidat Anda dan keterampilan mereka.

Cari tahu apa yang mereka tawarkan dan tugas apa yang pernah mereka selesaikan. Pastikan mereka adalah jenis VA yang Anda butuhkan dan mereka berspesialisasi dalam tugas yang Anda miliki.

Anda juga harus memastikan bahwa seorang VA memahami keterampilan terkait teknologi apa pun yang diperlukan. Periksa apakah mereka memiliki keterampilan dalam QuickBooks, Microsoft Word, WordPress, atau jenis perangkat lunak lainnya yang Anda perlukan untuk digunakan selama hubungan Anda.

3. Maksimalkan Wawancara

Saat mempekerjakan seorang VA, ada baiknya untuk memberikan perhatian dan perhatian ekstra pada proses wawancara. Pastikan untuk melakukan panggilan video dengan mereka.

Pastikan untuk mengajukan banyak pertanyaan tentang pengalaman dan keahlian mereka. Wawancarai mereka secara menyeluruh dan tanyakan bagaimana mereka akan menangani berbagai situasi dan menyelesaikan tugas yang Anda miliki. Selain itu, pastikan Anda cocok dengan mereka dan menyukai kepribadiannya.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper