Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengintip Kekayaan Sir Alex Ferguson Jelang Akhir Masa Jabatan di Manchester United

Sumber kekayaan Sir Alex Ferguson yang mencapai Rp1 triliun, sebelum mengakhiri jabatan menjadi duta global Manchester United.
Sir Alex Ferguson/reuters
Sir Alex Ferguson/reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Sir Alex Ferguson dikabarkan akan berhenti bekerja untuk klub bola Manchester United setelah musim Liga Primer 2024-2025.

Dilansir Mirror, langkah tersebut diambil Manchester United sebagai bagian dari langkah-langkah penghematan biaya, dan mengumumkan bahwa pria berusia 82 tahun itu akan mengakhiri perannya sebagai duta global. 

Peran tersebut telah dijalaninya sejak pensiun dari manajemen pada 2013 dan diketahui bernilai sekitar £2 juta atau sekitar Rp40,4 miliar per tahun.

Namun, dia tidak akan serta merta kehabisan uang, karena berbagai kepentingan bisnis Sir Alex lainnya mampu menopang finansialnya dan membantunya mengumpulkan kekayaan bersih yang membuat banyak orang iri. 

Meskipun dia dikenal karena masa-masanya di bidang manajemen, fondasi perusahaan bisnisnya telah dibangun sejak 1983.

Menurut Celebrity Net Worth, Ferguson memiliki kekayaan bersih yang sangat besar, yakni sebesar £53,6 juta atau sekitar 1,08 triliun dari berbagai kepentingan bisnis. 

Ferguson memiliki sebuah bisnis, ACF Sports Promotions Ltd., di mana putra-putranya Mark, Darren, dan Jason juga menjabat sebagai direktur. 

Sementar itu, mendiang istri Sir Alex, Lady Cathy, juga merupakan seorang direktur sebelum dia meninggal dunia pada usia 84 tahun pada Oktober 2023.

Menurut laporan keuangan terbaru, ACF memiliki aset dan investasi sebesar £24,3 juta. Angka ini merupakan capaian per Juni 2023, tercatat meningkat dari £22,7 juta yang tercatat pada 12 bulan sebelumnya berdasarkan lapor Manchester Evening News.

Bisnis tersebut telah membuat Sir Alex meraup uang tunai dari kesepakatan buku, menjadi pembicara di suatu acara, dan tampil atas nama pribadi sejak dia pensiun sebagai manajer di United.

Perusahaan ini juga memiliki cadangan sebesar £5,1 juta dan menyumbang £188.832 ke kas negara dalam bentuk pajak perusahaan. 

Selain itu, ada harta karun sepak bola kebanggaan senilai £2 juta milik ACF, yang dipajang di museum dan lembaga akademis.

Selain itu, Boyle Sports juga mengklaim bahwa pria Skotlandia itu telah menghasilkan jutaan dolar dari pacuan kuda.

Dia memiliki banyak kuda seperti Rock of Gibraltar, Caldwell Potter, dan Clan des Obeaux. Kuda-kuda yang dimilikinya diyakini telah menghasilkan £6,8 juta selama bertahun-tahun.

Meskipun dia berpenghasilan besar, banyak tokoh kunci kecewa melihat Ferguson dipecat oleh klub. Dua mantan pemainnya, Rio Ferdinand dan Eric Cantona, juga menjadi orang-orang di antara yang paling terkejut dengan kabar tersebut.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper