Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Rusdi Kirana, dari Bos Lion Group Hingga ke Kursi Pimpinan MPR

Profil Rusdi Kirana, dari berjualan mesin tik, sampai jadi Bos Lion Group hingga kini jadi pimpinan MPR.
Bos Lion Group sekaligus Wakil Ketua MPR RI periode 2024-2029 dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rusdi Kirana. ANTARAFOTO
Bos Lion Group sekaligus Wakil Ketua MPR RI periode 2024-2029 dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rusdi Kirana. ANTARAFOTO

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Rusdi Kirana belakangan jadi sorotan setelah dirinya resmi dilantik sebagai Wakil Ketua MPR RI periode 2024 - 2029. 

Kiprahnya di dunia politik belum pudar sembari jadi bos salah satu maskapai paling dikenal di Indonesia, Lion Group, yang kabarnya juga akan melaksanakan penawaran perdana saham alias IPO. 

Rusdi Kirana dilantik sebagai Wakil Ketua MPR setelah lolos menjadi anggota DPR melalui Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa di Dapil Jawa Timur VIII. Rusdi memulai karier politiknya di partai tersebut sedekade silam. 

Berdasarkan catatan Bisnis, dengan peran barunya sebagai pimpinan MPR, dia juga akan mengurangi perannya di perusahaan aviasi miliknya, Lion Group, yang rencananya bakal IPO akhir tahun ini. 

Sebelumnya, PT Lion Mentari Airlines dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk melakukan penawaran umum perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia dengan membidik maksimal dana segar hingga US$500 juta atau sekitar Rp7,8 triliun. 

Lion Air disebut akan menawarkan saham pada akhir tahun dengan bidikan dana di rentang US$300 juta hingga US$500 juta. Namun hingga saat ini, belum terdapat rincian waktu pelaksanaan IPO maupun informasi mengenai jumlah dan harga saham perdana.

Profil Rusdi Kirana

Rusdi Kirana adalah salah satu pendiri Lion Air bersama kakaknya Kusnan Kirana sejak 1999. 

Pria kelahiran 17 Agustus 1963 itu sempat menempih pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila sebelum memulai bisnisnya. 

Sejak remaja, Rusdi sudah memiliki bakat berbisnis, mulai dari berjualan mesin tik "Brother" asal Amerika sampai akhirnya memulai jejak bisnisnya membuka agen perjalanan bersama kakaknya, Kusnan, pada 1981. 

Sejalan dengan perkembangan bisnisnya, Rusdi dan Kusnan memulai bisnis penerbangan pada 1999, yang diberi nama Lion, bertujuan memberikan pilihan penerbangan dengan harga terjangkau. 

Mereka memulai penerbangan Lion dengan satu buah pesawat pada 2000. Kini Lion Group sudah memiliki total 367 pesawat dari Lion Air sebanyak 109 unit pesawat dan anak-anak usahanya seperti Wings Air 73 unit, Batik Air 72 unit, Super Air Jet 60 unit, Batik Air Malaysia 35 unit, dan Thai Lion Air 18 unit. 

Di perusahaan tersebut, Rusdi memiliki peran besar dan menjabat sebagai Presiden Direktur hingga 2014. Dia terus terlibat aktif dalam arahan strategis jangka panjang Lion Group, termasuk Lion Air. 

Atah kiprah besarnya di dunia bisnis dan penerbangan, Rusdi juga sempat diangkat menjadi duta besar Indonesia untuk Malaysia. Rusdi bahkan juga pernah menjabat sebagai anggota Dewan Penasihat Presiden Joko Widodo dan sebagai wakil ketua Partai Kebangkitan Bangsa.

Jadi Anggota DPR Terkaya, Punya Rp2,6 Triliun

Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) sampai dengan Jumat (4/10/2024), Rusdi Kirana tercatat memiliki total harta mencapai Rp2,6 triliun.

Hartanya terdiri atas aset tanah dan bangunan senilai Rp289,09 miliar yang tersebar di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat. 

Selain itu, aset tanah dan bangunannya juga tersebar di luar negeri, yakni di Singapura dan Malaysia. Berdasarkan laporan tersebut, hartanya merupakan hasil sendiri.

Harta lainnya, Rusdi juga memiliki mobil Lexus 2020 yang merupakan hasil sendiri dengan harga senilai Rp3 miliar dan memiliki surat berharga sebesar Rp2,17 triliun serta kas dan setara kas sebesar Rp137 miliar tanpa utang sepeser pun.

Sementara itu, berdasarakan data Forbes, kekayaan gabungan Kusnan dan Rusdi bersaudara sampai dengan 2019 tercatat mencapai US$835 juta atau sekitar Rp11,80 triliun


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper