Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Keluarga Hartono yang Jadi Keluarga Terkaya Kedua di Asia

Jadi keluarga terkaya tak hanya di Indonesia, tapi juga menempati posisi terkaya kedua di Asia, ini profil Hartono Bersaudara
Nasabah melakukan transaksi di kantor cabang utama (KCU) BCA di Jakarta, Senin (24/6/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha
Nasabah melakukan transaksi di kantor cabang utama (KCU) BCA di Jakarta, Senin (24/6/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Asia telah menjadi rumah bagi keluarga-keluarga terkaya di dunia, salah satunya keluarga Hartono yang menempati posisi kedua setelah keluarga Ambani. 

Mengutip Forbes, keluarga Hartono memiliki kekayaan bersih US$48 miliar atau Rp782 triliun, menempati peringkat kedua di antara orang terkaya di Asia. 

Kekayaan keluarganya bermula dari Grup Djarum, pemain industri rokok, salah satu yang terbesar di Indonesia. Selain itu, dua pewaris Grup Djarum, Budi dan Michael Hartono telah memperluas kerajaannya dengan berinvestasi di berbagai bidang. 

Beberapa investasi besarnya antara lain ke Bank Central Asia, bank swasta terbesar di Indonesia, dan ke berbagai bisnis, mencakup bidang elektronik, properti, dan agribisnis. 

Profil Keluarga Hartono

Kekayaan Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono dimulai dari perusahaan rokok yang dibangun oleh ayahnya, Oei Wie Gwan. 

Oei Wie Gwan mendirikan perusahaan rokok Djarum pada 21 April 1951 di Kudus, Jawa Tengah. Setelah kebakaran besar dan Djarum ditinggal pemiliknya pada 1963, perusahaan tersebut kemudian mewariskan perusahaan tersebut kepada kedua anaknya, Hartono Bersaudara. 

Michael Bambang Hartono lahir di Kudus, Jawa Tengah pada 2 Oktober 1939. Besar di kota tempat ayahnya membesarkan usaha rokok, dia menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro, Semarang pada 1959. 

Sementara itu, adiknya, Robert Budi Hartono lahir di Semarang, Jawa Tengah pada 28 April 1940. Robert menempuh pendidikan di tempat yang sama dengan kakaknya, di Universitas Diponegoro Semarang, dan mengambil jurusan Teknik Elektro. 

Namun, keduanya tidak menyelesaikan studinya dan memilih fokus membantu ayahnya di Djarum setelah ayahnya meninggal dunia, yang ternyata membawa mereka menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Menjadi salah satu perusahaan produsen rokok terbesar di Indonesia, perusahaan ini telah tumbuh pesat di bawah kepemimpinan Hartono bersaudara. Namun, Hartono bersaudara, R. Budi dan Michael memperoleh sebagian besar kekayaan mereka dari investasi di Bank Central Asia. 

Bank ini merupakan bank swasta terbesar di Indonesia. Kepentingan mereka kini beragam, termasuk elektronik, properti, dan agribisnis. 

Kepemilikan keluarga ini juga meliputi merek elektronik populer Polytron dan real estat utama di Jakarta. Bisnis keluarga Hartono juga telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler