Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Historia Nokia, Berawal dari Pabrik Kertas Hingga Jadi Produsen Handphone Pertama Dunia

Pemilik Nokia memulai bisnis dari pabrik kertas, kemudia merambah ke berbagai lini bisnis sampai menjadi produsen ponsel pertama di dunia.
Game Snake di fitur phone Nokia
Game Snake di fitur phone Nokia

Bisnis.com, JAKARTA -- Merek handphone Nokia bakal kembali ke pasaran dengan produk dan teknologi barunya, yang disebut bisa mengguncang pasar handphone Android maupun iPhone. 

Melansir Reuters, melalui teknologi terbarunya, Nokia bakal meluncurkan teknologi "audio dan video imersif" yang bisa meningkatkan kualitas panggilan dengan suara tiga dimensi, menjadikan interaksi lebih nyata. 

Merek handphone ini juga disebut bakal kembali meluncurkan seri smartphone lamanya, "Lumia" dalam perangkat kamera baru bernama HMD Skyline dan dengan desain bezel yang lebih ramping serta software terbaru. 

Namun, di tengah beragam inovasinya, siapa sangka Nokia ini diawali dari sebuah pabrik kertas alih-alih perusahaan teknologi. 

Historia Nokia

Perusahaan Nokia dimulai oleh seorang insinyur pertambangan asal Finlandia, Knut Fredrik Idestam, sebagai pabrik kertas pada 1865. 

Memiliki usaha di samping sungai Nokianvirta, Fredrik akhirnya memberi nama usahanya “Nokia” pada 1871, ketika dia mendapatkan izin untuk membangun lokasi pabrik keduanya. 

Saat pergantian ke abad 20, Nokia beralih lini usaha ke pembangkit listrik, yang kemudian menarik perhatian Finnish Rubber Works. Perusahaan tersebut lantas membeli Nokia pada 1918 untuk mengamankan akses ke sumber daya pembangkit listrik tenaga air milik perusahaan.  

Entitas baru ini kemudian mengakuisisi Finnish Cable Works pada 1922, namun ketiga perusahaan tersebut melanjutkan operasinya secara terpisah hingga mereka secara resmi bergabung pada 1967, membentuk Nokia Corporation. 

Pada dekade-dekade berikutnya, perusahaan ini berfokus terutama pada pasar kertas, elektronik, karet dan kabel, serta memproduksi barang-barang seperti tisu toilet, ban sepeda dan mobil, sumur karet, perangkat TV, kabel komunikasi, robotika, komputer, dan peralatan militer hingga 1979.

Pada 1979, Nokia Corporation kemudian mendirikan usaha patungan dengan perusahaan bernama Salora, produsen TV berwarna terkemuka Skandinavia, untuk mendirikan perusahaan telepon radio bernama Mobira Oy. 

Setelah beberapa tahun, Nokia meluncurkan sistem telepon seluler internasional, dan menjadi perusahaan pertama yang memiliki sistem tersebut di dunia yang menghubungkan Swedia, Denmark, Norwegia, dan Finlandia, yang disebut jaringan Telepon Seluler Nordik.  

Tak lama kemudian, mereka meluncurkan ponsel mobil pertama di dunia, Mobira Senator, yang berbobot sekitar 10 kg, jauh berbeda dengan ponsel yang saat ini sudah bisa digenggam, dibawa kemana-mana, bahkan sampai masuk ke dalam saku. 

Dengan ini, Nokia telah menjadi pionir di dunia seluler, setidaknya di Eropa. Pada 1987, perusahaan ini meluncurkan salah satu ponsel genggam pertama, yang, termasuk baterainya, berbobot “hanya” 800 g, yaitu Mobira Cityman 900. 

Ponsel itu dijuluki “The Gorba” setelah pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev terlihat menggunakannya untuk melakukan panggilan telepon saat konferensi pers di Helsinki. 

Selanjutnya, pada awal 1990-an, Nokia akhirnya melepaskan divisi bisnisnya yang tidak berhubungan langsung dengan telekomunikasi, seperti data, energi, televisi, produksi ban dan kabel, dan memusatkan perhatian bisnisnya pada inovasi di pasar telepon seluler yang sedang berkembang. 

Sebagai produsen ponsel, Nokia sempat sukses besar karena mereka dapat merespons berbagai tantangan yang ada dengan baik. Finlandia pernah mengalami resesi pada 1990an dan Nokia Corporation sedang mengalami kesulitan keuangan. Pada saat yang sama, pemerintah telah meliberalisasi pasar telekomunikasi dan Finlandia bergabung dengan Uni Eropa, sehingga mendekatkan negara tersebut ke pasar Barat.  

Nokia menyadari bahwa keputusan pertumbuhan terbaik adalah dengan mengkhususkan diri pada pasar telekomunikasi seluler, sehingga Nokia mulai melakukan divestasi dari divisi bisnis non-telekomunikasi.  

Nokia juga menyadari bahwa kekuatannya sebagai sebuah perusahaan terletak pada penelitian dan pengembangan untuk inovasi. 

Namun, kesuksesan Nokia tak bertahan ketika perusahaan tidak siap untuk menanggapi dampak dari kehadiran Apple iPhone yang diperkenalkan oleh Steve Jobs tahun 2007. 

Nokia memiliki banyak insinyur yang hebat dalam mengembangkan perangkat keras baru dengan desain inovatif dan fungsi unik. Nokia memiliki portofolio produk perusahaan sangat besar. Strategi ini berhasil dengan baik ketika bisnis masih berkembang. 

Namun, iPhone Apple terus mengungguli dengan hadirnya setiap versi baru dengan gimik selalu lebih baik dari produk sebelumnya. Selama bertahun-tahun, kontennya mengalami peningkatan paling besar, sementara desain fisiknya hanya mengalami sedikit perubahan. 

Di sisi lain, sistem penelitian dan pengembangan Nokia lebih fokus pada perangkat keras dibandingkan perangkat lunak dan konten. 

Pada akhir tahun 2000-an, Nokia menghasilkan beragam produk. Bahkan tanpa buku terlaris, penjualannya masih mencapai sekitar 400 juta unit, namun sebagian besar volumenya dihasilkan oleh ponsel biasa dengan harga sekitar 30 Euro, yang tidak banyak membantu meningkatkan keuntungan.  

Perusahaan ini juga memiliki masalah internal, salah satunya waktu tunggu yang sangat lama untuk memasarkan ponsel dan struktur manajemen yang rumit yang dipenuhi dengan politik internal. 

Segera setelah kehadiran iPhone, keuntungan Nokia turun 30%, dan penjualan turun sebesar 3,1%. Sementara keuntungan iPhone Apple melonjak sebesar 330% pada periode yang sama.  

Kemudian, pada Oktober 2008, smartphone pertama dengan sistem operasi Android, HTC Dream, juga meluncur dengan menggunakan software open source. Sementara Nokia terus berkutat membuat sistem operasinya, Symbian, mampu bersaing dengan iOS dan Android, namun platformnya sulit beradaptasi.  

Nokia kolaps namun beruntung masih bisa bangkit setelah menunjuk mantan bos Microsoft, Stephen Elop pada 2010 untuk mengubah nasib perusahaan. Elop menjadi CEO Nokia pertama yang tidak berasal dari Finlandia. 

Di bawah kepemimpinannya, Nokia bekerja sama dengan Microsoft dan kemudian meluncurkan smartphone pertamanya, 'Lumia' pada 2011. 

Lumia mulai dijual di Eropa pada November tahn tersebut, dan pada Januari 2012, ponsel tersebut sudah terjual hingga lebih dari 2 juta unit. Angka tersebut tidak jauh berbeda dibandingkan dengan penjualan iPhone saat itu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper